Lirik dan Makna Terdalamnya

Another Day in Paradise by Phil Collins Lirik dan Maknanya


She calls out to the man on the street
'Sir, can you help me?
It's cold and I've nowhere to sleep,
Is there somewhere you can tell me?'


Wanita itu berteriak memanggil seorang lelaki di jalan
"Pak, bisa kau tolong aku?
Hari ini dingin, dan aku tak punya tempat bernaung untuk tidur
Apa ada tempat yang bisa kau tunjukkan padaku?”

He walks on, doesn't look back
He pretends he can't hear her
Starts to whistle as he crosses the street
Seems embarrassed to be there


Lelaki itu tetap berjalan pergi, tak menoleh
Pura-pura tak didengarnya wanita itu
Ia (malah) mulai bersiul-siul ketika menyeberangi jalan
menyeberangi jalan
Tampak malu berada di sana

Oh think twice, it's another day for you and me in paradise
Oh think twice, 'cause it's just another day for you,
You and me in paradise,

(instrumental)
think about it

Oh, pikir lagi, bagimu dan aku, ini hari lain di surga
Oh, pikir lagi, karena hari ini hanya satu hari lain bagimu
(Satu hari lain) di surga bagimu dan aku
(instrumental)
Pikirkanlah

She calls out to the man on the street
He can see she's been crying
She's got blisters on the soles of her feet
She can't walk but she's trying


Wanita itu berteriak memanggil pria di jalan
Pria itu bisa melihat jika sang wanita tengah menangis
Telapak kaki si wanita melepuh
Tak sanggup ia berjalan, meski begitu ia terus mencoba

Oh think twice, 'cause it's another day for you and me in paradise
Oh think twice, it's just another day for you,
You and me in paradise,

(instrumental)
think about it

Oh, pikir lagi, karena bagimu dan aku, hari ini hanya satu hari lain di surga
Oh pikir lagi, ini hanya satu hari lain bagimu
(Satu hari lain) di surga bagimu dan aku
(instrumental)
Pikirkanlah

Oh Lord, is there nothing more anybody can do
Oh Lord, there must be something you can say


Oh Tuhan, tak adakah yang bisa melakukan sesuatu?
Oh Tuhan, pasti ada yang bisa Kau katakan

You can tell from the lines on her face
You can see that she's been there
Probably been moved on from every place
Cause she didn't fit in there


Kau bisa tahu dari gurat-gurat di wajah si wanita
Kau bisa lihat dia sudah beberapa waktu ada di sana
Mungkin sudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain
Karena tak ada tempat yang cocok baginya

Oh think twice, 'cause another day for you and me in paradise
Oh think twice, it's just another day for you,
You and me in paradise,

(instrumental)
just think about it
(instrumental)
think about it

Oh, pikir lagi,  karena bagimu dan aku hari ini hanya satu hari lain di surga
Oh pikir lagi, ini hanya satu hari lain bagimu
(Satu hari lain) di surga bagimu dan aku
(instrumental)
pikirkan saja
(instrumental)
pikirkanlah

It's just another day for you and me in paradise
It's just another day for you and me in paradise, paradise
It's just another day for you and me in paradise
It's just another day for you and me in paradise, paradise
It's just another day for you and me
It's just another day for you and me
It's just another day for you and me in paradise
In paradise


Bagimu dan aku, hari ini hanya satu hari lain di surga
Bagimu dan aku, hari ini hanya satu hari lain di surga, di surga
Bagimu dan aku, hari ini hanya satu hari lain di surga
Bagimu dan aku, hari ini hanya satu hari lain di surga, di surga
Bagimu dan aku, ini hanya satu hari yang lain
Bagimu dan aku, ini hanya satu hari yang lain
Bagimu dan aku, ini hanya satu hari yang lain di surga
Di surga
***

Another Day in Paradise adalah lagu protes yang direkam oleh drummer dan penyanyi asal Inggris, Phil Collins. Ditulis oleh Phil Collins bersama Willie Norwood. Phil memproduksi lagu ini bersama Hugh Padgham. Lagu yang bercerita soal fenomena kaum tunawisma ini dirilis pada tahun 1989 dalam album “But Seriously”. Pada tahun 1990 lagu ini meraih gelar Best British Single. Setahun kemudian, lagu ini berhasil menyabet Grammy Award untuk kategori Record of The Year.

Phil Collins dianggap sebagai salah satu penulis lagu paling sukses di era 80-90-an. Lagu-lagu yang ia tulis banyak mencetak mega hits di Inggris maupun di Amerika Serikat, dan masih dikenang sampai sekarang. Dulunya dia adalah drummer grup band Genesis, lalu menjadi vokalis juga setelah Peter Gabriel hengkang dari grup. Phil Collins pernah mengisi soundtrack film Tarzan dan Brother Bear produksi Disney. Lagu You’ll Be in My Heart yang ia tulis dan nyanyikan untuk Tarzan meraih Best Original Song di ajang Academy Award (Piala Oscar) pada tahun 2000.

Meaning of The Song

Dalam lagu Another Day in Paradise, Phil Collins menyanyikan lirik lagu dari sudut pandang orang ketiga. Pada baris sajak pertama ia mengamati seorang wanita tunawisma yang memohon bantuan kepada seorang lelaki yang menyeberangi jalan, hanya untuk dianggap angin lalu. Phil lalu mengomentari tindakan lelaki itu, dengan menyanyikan refrain, Oh, think twice. It’s another day for you and me in paradise.” Maksudnya, bagi Phil dan dan lelaki yang tidak mengacuhkan penderitaan wanita gelandangan itu, hari itu akan terasa bagaikan di surga karena mereka tak perlu merasakan pedihnya tak punya rumah dan terabaikan. Namun, hal yang sama jelas tidak berlaku bagi wanita itu.


Setelah refrain, pada baris sajak kedua, Phil Collins mengulangi pola lirik yang sama. Sepertinya setelah kejadian itu di hari lain Phil melewati jalan itu lagi. Dilihatnya perempuan itu masih di sana, dan kini sedang berusaha memancing belas kasihan lelaki yang lain. Lelaki itu melihat wanita itu menangis. Phil sebagai pengamat mendapati bahwa kaki perempuan itu melepuh. Mungkin tak punya alas kaki, atau alas kakinya sudah rusak. Nyaris perempuan itu tak bisa berjalan, tapi ia tetap mencoba. Tak dijelaskan apakah lelaki itu menolong si perempuan.

Phil lalu meneriakkan ratapan kegelisahannya melihat perempuan itu. Dalam lagu itu Phil pun merasa tak bisa membantu masalah wanita tunawisma itu sampai tuntas. Bagaimana pun fenomena seperti ini banyak terjadi di negara mana pun. Akhirnya yang diajukan adalah pertanyaan retoris terhadap Tuhan.

Oh Lord, is there nothing more anybody can do
Oh Lord, there must be something you can say

Mungkin pertanyaan ini pun pernah hinggap di benak kita. Mengapa Tuhan menciptakan kemiskinan dan kelaparan?

Pada baris sajak ketiga, Phil tetap memosisikan diri sebagai pengamat. Ia memperhatikan wanita itu lebih seksama. Ia melihat gurat-gurat di wajah perempuan itu. Mungkin perempuan itu sudah tua, atau tampak tua karena derita yang ia alami di jalan. Phil mengira-ngira bahwa wanita itu lama di jalan. Berpindah ke sana kemari, mungkin juga pernah diusir, sampai ia berada di jalan yang dilalui Phil sekarang. Tak pernah ada tempat yang cocok bagi perempuan itu.

 
Pada akhirnya Phil mengulang-ulang lirik yang sama pada bait-bait refrain hingga lagu berakhir. Mempertanyakan kesadaran orang-orang seperti kita dan dirinya sendiri. Ketika kita menjadi saksi adanya orang-orang yang nasibnya tak seberuntung kita, apakah kita tergerak untuk membantu, atau hanya melenggang pergi sambil mengangkat bahu. Dan kembali pada “hari-hari yang bagaikan di surga” jika dibandingkan dengan hari yang dilalui para tunawisma.

***

Behind The Song


Lagu Another Day in Paradise ini akhirnya menjadi lagu paling sukses di sepanjang sejarah karir solo Phil Collins. Namun, lagu ini ternyata justru membuat Phil diserang kritik negatif oleh para kritikus musik. Salah satunya berasal dari Billy Bragg, penyanyi, penulis lagu serta aktivis politik yang mencemooh Phil Collins dengan mengatakan, “Phil Collins boleh jadi menulis lagu tentang tunawisma, tapi kalau dia tidak melakukan apa-apa untuk masalah ini, berarti dia cuma mengeksploitasi saja.”

Collins mengatakan pada The Mail bahwa ia menulis lagu ini saat berada di Washington DC. “Saya terkejut melihat banyak orang tinggal di kotak kardus,” paparnya.

Dalam wawancaranya dengan Musician, dia menambahkan ia tercengang saat menggelar konser di Washington DC yang begitu megah dan gagah. Ternyata di dalamnya ada banyak tunawisma terlunta-lunta di bawah bayang-bayang Capitol Hill, gedung parlemen Amerika Serikat. Sungguh kontradiktif.
Collins juga berhadapan dengan fenomena tunawisma di London. Dia menceritakan suatu ketika dirinya pergi meninggalkan studio dan menyaksikan seorang ibu dengan dua anak kecil tengah mengemis. Saat itu ia menyadari bahwa reaksinya saat berhadapan dengan pemandangan kemiskinan pun sama  saja dengan reaksi orang lain.

“Lagu ini bercerita soal rasa canggung yang dihadapi orang-orang saat mendapati fenomena kemiskinan. Saat hal itu terjadi di depan mataku, aku pun hanya berjalan pergi. Sama seperti yang dilakukan orang lain. Rasanya canggung. Aku tak mengabaikan perempuan gelandangan itu, tapi juga tak berhenti dan memberinya uang. Lagu ini berkisah tentang orang-orang yang berlagak masalah kemiskinan di sekitarnya tak pernah terjadi,” jelasnya.

Collins menjelaskan bahwa proses pembuatan Another Day in Paradise sama dengan proses penciptaan lagu-lagunya yang lain, automatic writing.

“Awalnya aku memainkan piano, lalu merekamnya biar tak lupa. Lalu aku mencoba menebak-nebak bagaimana jadinya kalau aku mulai menyanyi. Kata-kata itu keluar begitu saja dari mulutku: ‘She calls out to the man on the street.’ Aslinya aku tak merancang lagu ini akan jadi lagu soal tunawisma. Kata-kata itu kebetulan saja aku nyanyikan. Saat itulah akhirnya aku memutuskan lagu ini akan berkisah soal apa.”

Dalam wawancaranya dengan New York Times untuk artikel “The Pop Life” Phil jelas-jelas menyatakan bahwa ia merasa terganggu dengan semua suara sumbang itu. Dia jengkel karena orang-orang berkata, “Memangnya Phil Collins tahu apa soal masalah ini? Dia kan punya banyak uang.” Dia berkata bahwa orang-orang sering berprasangka kalau orang-orang kaya seperti dirinya tak peduli dengan kenyataan hidup (termasuk fenomena tunawisma ini).

Nyatanya Phil Collins mendukung The Topsy Foundation sebuah badan amal dari Afrika Selatan dan selama lebih dari 7 tahun telah mendonasikan semua royalti yang dia dapat di Afrika Selatan untuk organisasi ini. Badan amal nonprofit ini menangani masalah HIV AIDS dan kemiskinan ekstrim di Afrika Selatan. Aksi Phil Collins ini didukung oleh Warner Music Grup yang mendonasikan semua hasil penjualan rekaman penyanyi Inggris ini di Afrika Selatan. Bersama istrinya, ia mendirikan Little Dreams Foundation, yang memiliki misi mewujudkan impian anak-anak usia 4 hingga 16 tahun yang punya cita-cita atau bakat di bidang olahraga dan seni. Selain itu ia pun menjadi donatur bagi banyak lembaga amal lain seperti Andre Agassi Foundation for Education, Children With Leukemia, Kidney Research UK, National Literacy Trust, dan masih banyak lagi.

Referensi:

1 Komentar untuk "Another Day in Paradise by Phil Collins Lirik dan Maknanya"

Powered by Blogger.
Back To Top